Kamis, 9 Oktober 2025
  • Tentang Kami
  • Pasang Iklan
  • Redaksi
  • Kontak
  • Login
  • Register
Koran Merapi
Advertisement
  • Home
  • News
  • Hukum
  • Pendidikan
  • Lifestyle
  • Ekbis
  • Olahraga
  • Kesehatan
  • Wisata
  • Kuliner
  • Budaya
  • Opini
No Result
View All Result
  • Home
  • News
  • Hukum
  • Pendidikan
  • Lifestyle
  • Ekbis
  • Olahraga
  • Kesehatan
  • Wisata
  • Kuliner
  • Budaya
  • Opini
No Result
View All Result
Koran Merapi
No Result
View All Result
Home News

Kota Jogja Percepat Penerapan Parkir Digital QRIS, Targetkan 700 Titik di 2026

admin by admin
6 Oktober 2025
in News
0
0
SHARES
25
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

KORAN MERAPI — Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terus mendorong percepatan transformasi digital di sektor layanan publik, khususnya dalam sistem pengelolaan parkir. Melalui penerapan sistem parkir digital berbasis QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard), Pemkot menargetkan seluruh 700 titik parkir resmi di Kota Yogyakarta akan terintegrasi secara digital pada pertengahan tahun 2026.

Komitmen ini ditegaskan oleh Wali Kota Yogyakarta, Hasto Wardoyo, dalam acara Launching Perluasan 100 Titik Pembayaran QRIS Parkir yang diselenggarakan di Bangsal Mataram Bank Indonesia Perwakilan DIY, Senin (6/10/25).

“Jogja harus bisa menjadi contoh untuk urusan digital parking. Maka kita percepat. Kalau dulu hanya 10 titik, sekarang sudah 100. Akhir Desember targetnya 350 titik, dan pertengahan tahun depan harapan saya sudah 100 persen, karena totalnya ada 700 titik,” tegas Hasto.

Saat ini, tercatat 110 titik parkir telah menggunakan sistem pembayaran digital QRIS, melibatkan sekitar 200 juru parkir (jukir). Setiap titik dilengkapi kode QR yang dapat diakses melalui aplikasi perbankan atau dompet digital. Meski sistem digital diutamakan, layanan tunai tetap disediakan secara terbatas selama masa transisi.

“Kalau QRIS ini kan lewat e-banking, harapannya masyarakat juga punya e-banking. Tapi kalau masih bayar tunai, nanti jukir akan bantu untuk memasukkan ke sistem QRIS. Jadi satu sistem tetap jalan, meskipun masyarakat masih belajar,” jelas Wali Kota.

Sistem ini tidak hanya memberikan kemudahan bagi pengguna layanan parkir, tetapi juga memperkuat aspek efisiensi, transparansi pengelolaan retribusi, serta kecepatan distribusi bagi hasil kepada jukir, yang kini langsung ditransfer ke rekening masing-masing maksimal dalam 24 jam.

“Aturannya tetap seperti biasa, hanya sekarang bagi hasilnya langsung ditransfer ke rekening jukir. Semua yang ikut digital parking sudah punya rekening,” tambah Hasto.

Lebih dari sekadar teknologi, transformasi ini menurut Hasto adalah bagian dari perubahan perilaku dan budaya pelayanan publik di Kota Yogyakarta.

“Mereka ini front office-nya Jogja. Jadi selain sistemnya digital, pelayanannya juga harus excellent. Dengan seragam dan sikap yang baik, akan tumbuh tanggung jawab moral yang lebih tinggi,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Agus Arif Nugroho, menambahkan bahwa pihaknya terus melakukan pendampingan terhadap para jukir, khususnya yang sudah lanjut usia, agar dapat beradaptasi dengan sistem digital. Kolaborasi dengan Bank Indonesia juga dilakukan guna menyederhanakan proses transaksi.

“Kita buat sistemnya semudah mungkin, tidak perlu aplikasi yang rumit. Cukup tempel QR, langsung transaksi. Selain itu, kita juga beri pembekalan tentang pelayanan prima dan etika, karena jukir adalah bagian dari wajah Kota Jogja,” terang Agus.

Salah satu jukir di kawasan Jalan Brigjen Katamso, Joko Triono, warga Bausasaran Jogja ini menyambut baik penerapan sistem QRIS ini. “Ya ikut saja, karena sudah sesuai dengan keadaan jaman sekarang ini,” ujarnya.

Dengan kolaborasi lintas sektor dan partisipasi aktif masyarakat, penerapan parkir digital QRIS di Kota Yogyakarta ditargetkan selesai seluruhnya pada pertengahan 2026, menjadikan Jogja sebagai kota percontohan digital dalam pengelolaan layanan publik. (Ags)

Tags: Hasto Wardoyojuru parkirKoranmerapi.idQRISWalikota Yogyakarta

Related Posts

PT Asterra Jalin Kemitraan dengan TPS3R untuk Atasi Sampah Plastik di DIY. Ini Buktinya!
News

PT Asterra Jalin Kemitraan dengan TPS3R untuk Atasi Sampah Plastik di DIY. Ini Buktinya!

9 Oktober 2025
STIKES Bethesda YAKKUM Terima Hibah Mobil Pelayanan Fisioterapi dari Mitra Kemanusiaan Amerika Serikat
News

STIKES Bethesda YAKKUM Terima Hibah Mobil Pelayanan Fisioterapi dari Mitra Kemanusiaan Amerika Serikat

9 Oktober 2025
FWK Dorong Reformasi Polri: Masyarakat Merindukan Polisi yang Mengayomi
News

FWK Dorong Reformasi Polri: Masyarakat Merindukan Polisi yang Mengayomi

8 Oktober 2025
SD Negeri Bhayangkara Meriahkan HUT Kota Yogyakarta Ke-269 Gelar Acara Market Day dan Pentas Seni
News

SD Negeri Bhayangkara Meriahkan HUT Kota Yogyakarta Ke-269 Gelar Acara Market Day dan Pentas Seni

8 Oktober 2025
AMKI Siap Jadi Mitra Strategis MPR RI dalam Sosialisasi Kebangsaan 
News

AMKI Siap Jadi Mitra Strategis MPR RI dalam Sosialisasi Kebangsaan 

7 Oktober 2025
Marak Penipuan Modus Agen Tiket, Rosalia Indah Imbau Pelanggan Pesan di Platform Resmi
News

Marak Penipuan Modus Agen Tiket, Rosalia Indah Imbau Pelanggan Pesan di Platform Resmi

6 Oktober 2025
Koran Merapi

PT Merapi Media Utama
Jl Gambiran No 45 Yogyakarta 55163

0812 2712 7251
harianmerapi@gmail.com

Topik Berita

  • Bedah buku
  • Budaya
  • Cerpen
  • Ekbis
  • Hukum
  • Kearifan
  • Kesehatan
  • Kuliner
  • Lain-lain
  • Lelang
  • Lifestyle
  • News
  • Olahraga
  • Opini
  • Pendidikan
  • Profil
  • Wisata

Berita Terbaru

PT Asterra Jalin Kemitraan dengan TPS3R untuk Atasi Sampah Plastik di DIY. Ini Buktinya!

PT Asterra Jalin Kemitraan dengan TPS3R untuk Atasi Sampah Plastik di DIY. Ini Buktinya!

9 Oktober 2025
STIKES Bethesda YAKKUM Terima Hibah Mobil Pelayanan Fisioterapi dari Mitra Kemanusiaan Amerika Serikat

STIKES Bethesda YAKKUM Terima Hibah Mobil Pelayanan Fisioterapi dari Mitra Kemanusiaan Amerika Serikat

9 Oktober 2025
  • Aturan Pengguna
  • Kebijakan Privasi
  • Pedoman Media Siber

© 2024 Koran Merapi. All Right Reserved.

No Result
View All Result
  • Aturan Pengguna
  • Home
  • Kebijakan Privasi
  • Kontak
  • Pasang Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi
  • Tentang Kami

© 2024 Koran Merapi. All Right Reserved.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
error code: 522